Permasalahan Umum yang Terjadi pada Televisi

Permasalahan Umum yang Terjadi pada Televisi – Televisi merupakan salah satu barang elektronik yang memiliki peran cukup penting karena dapat memberi kita sebuah tontonan isi dunia yang bahkan tidak kita ketahui. Perkembangan teknologi televisi terkini menghasilkan berbagai fitur menarik sehingga menambah fungsi televisi sebagai sarana hiburan dan informasi di rumah.

Tapi bagaimana jika terjadi masalah pada televisi kesayangan kamu?Kita akan membahas masalah televisi yang banyak dialami oleh keluarga Indonesia dan solusinya

1. Gambar Meredup

Masalah:

Televisi dapat mengeluarkan suara dengan baik, namun lama-kelamaan gambarnya meredup dan hilang sama sekali.

Solusi:

Penyebab kerusakan bisa jadi karena dua hal. Pertama, sumber bisa berasal dari TV berlangganan, DVD/blueray player, ataupun play station.

Cek kabel penghubung antara TV dan perangkat, seperti kabel RCA (berwarna merah, putih, kuning), kabel komponen, atau kabel HDMI.

Gambar meredup atau hilang bisa jadi karena kabel tidak berada di posisi yang benar.

Pastikan kabel input antena di posisi yang benar, cek konektornya, serta kondisi kabel.

Untuk input dari DVD player dan video game, gambar hilang bisa jadi karena ada kerusakan pada unit player atau software film/game mengalami kerusakan.

Penyebab kerusakan kedua, yaitu masa atau life time lampu LED habis atau ada masalah pada bagian PSU atau Power Supply Unit.

Sebaiknya kamu meminta bantuan kepada teknisi yang sudah berpengalaman di bidangnya untuk mengganti alat ini.

2. Tak Terkoneksi ke DVD Player

Masalah:

Jika disambungkan ke DVD player, televisi saya tidak dapat menampilkan gambar.

Bagaimana solusinya?

Solusi:

Bila input signal-nya dari DVD player tidak dapat menampilkan gambar pada TV, coba cek kabel serta konektornya (HDMI, RCA atau komponen).

Perlu dicatat, untuk kabel RCA atau kabel komponen tidak boleh tertukar pemasangannya karena gambar tidak akan muncul.

Kamu harus mengikuti cara pemasangan berdasarkan gelang warna konektor antara unit TV dengan kabel yang menuju DVD player.

Baca Juga : Cara Mudah Atasi Setrika yang Lengket

3. Suara Menghilang

Masalah:

Televisi saya bisa mengeluarkan gambar dengan normal tapi suara yang dikeluarkan sangat kecil bahkan kadang tidak ada sama sekali.

Apa penyebab dan bagaimana solusinya?

Solusi:

Masaiah ini bisa disebabkan beberapa hal.

Jika masalah berasal dari input sinyal TV-nya, yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah atau reposisi antena TV.

Jika masalah berasal dari kabel koneksi RCA atau HDMI, coba gunakan tombol remote masing-masing player yang sedang digunakan serta remote TV dengan membesarkan volume suaranya.

Apabila kondisinya masih tetap dan tidak berubah, ini dapat disebabkan adanya masalah pada unit TV-nya. Silakan menghubungi teknisi yang sudah berpengalaman untuk proses perbaikan TV.

4. Hilang Sinyal

Masalah:

Ketika dinyalakan, TV LCD saya tiba-tiba tidak bisa menampilkan siaran apapun, pada layarnya tertulis “No Signal” alias hilang sinyal. Bagaimana solusinya?

Solusi:

TV “No Signal” bisa jadi karena bagian tuner pada TV mengalami rusak.

Bisa juga, pesan “No Signal” yang ditampilkan pada layar menyatakan tidak ada input signal siaran yang masuk ke-unit TV LCD ini.

Solusinya, gunakan tombol input pada remote control untuk memilih signal yang masuk ke unit TV LCD ini.

Selain itu, jangan lupa cek konektor dan kabel-kabel penghubungnya (misalnya, konektor antena, RCA, HDMI dan lain-lain). Jika masih ada masalah, segera datangi tempat perbaikan TV terpercaya.

Koneksi atau jaringan internet juga bisa menjadi sebab hilangnya sinyal. Cek koneksinya.