Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin – Hampir semua rumah memiliki yang namanya kulkas. Kulkas biasa di gunakan untuk mendinginkan makanan, minuman, sayuran bahkan daging yang mentah. Melihat banyaknya kegunaan pada kulkas kamu juga harus menjaga keawetan dari kulkas tersebut. Semakin lama penggunaan kulkas maka akan semakin berkurangnya dingin yang ada pada kulkas tersebut. Maka tidak jarang juga kulkas yang menjadi rusak karena sudah lama di gunakan atau tidak di bersihkan bahkan di benarkan. Kulkas yang rusak biasanya masalahnya adalah tidak dingin. Keadaan kulkas yang tidak dingin lagi akan menjadi sebuah penghambat bagi kamu yang membutuhkan kegunaan kulkas ini. Berikut akan kita ulas penyebab tidak dinginnya kulkas dan cara untuk mengatasinya.

1. Menyimpan terlalu banyak makanan di dalam kulkas
Kulkas memang diperuntukkan untuk tempat penyimpan makanan. Tetapi, bukan berarti semua makanan harus dimasukkan ke dalam kulkas. Kulkas juga memiliki kapasitasnya untuk menampung jumlah makanan.

Menyimpan makanan yang terlalu banyak bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Sebab, hal tersebut akan membuat penyebaran suhu udara di dalam kulkas menjadi tidak rata. Akibatnya, hanya makanan-makanan yang berada di dekat lubang udara dingin saja yang akan mendapatkan suhu dingin.

Agar suhu udara di dalam kulkas kembali normal, maka kurangi isi di dalam kulkas. Masukkan makanan-makanan yang benar-benar perlu untuk didinginkan di dalam kulkas.

2. Memasukkan makanan yang masih panas
Jika suhu makanan masih panas atau hangat, jangan terburu-buru untuk memasukkannya ke dalam kulkas. Biarkan makanan tersebut mencapai suhu ruang barulah di simpan ke dalam kulkas.

Makanan yang masih panas akan membuat suhu dingin di dalam kulkas berkurang. Suhu di dalam kulkas akan naik karena ada uap panas yang menyebar di dalam kulkas.

3. Posisi kulkas berada di dekat peralatan yang menghasilkan suhu panas
Kalau kulkas di rumah dirasa tidak sedingin kulkas pada umumnya, coba cek posisi kulkas diletakkan. Apabila posisi kulkas berdekatan dengan peralatan yang panas maka jangan heran kalau kulkas tidak dingin.

Ambil contoh Mama meletakkan kulkas berdekatan dengan kompor atau oven. Suhu panas kompor dan oven saat digunakan akan memengaruhi performa kulkas. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin.

Baca Juga :Cara Mengatasi Mesin Cuci yang Rusak

Jika hal ini yang terjadi maka pindahkan kulkas ke tempat yang tidak berdekatan dengan peralatan tersebut.

4. Kondisi stop kontak yang tidak baik
Kondisi stop kontak juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Energi listrik yang dialirkan dari stop kontak berperan penting untuk kulkas dapat menghasilkan suhu dingin. Namun, jika kondisi stop kontak tidak optimal maka hal tersebut mengganggu performa kulkas untuk menghasilkan energi dingin di dalamnya.

Coba uji kondisi stop kontak dengan mengetesnya menggunakan perangkat elektronik yang lain. Jika alat elektronik yang lain juga tidak berfungsi dengan baik, maka perbaiki segera stop kontak tersebut. Tetapi jika peralatan tersebut dapat berfungsi dengan baik, bisa jadi kabel atau komponen kulkas yang bermasalah.

5. Banyak bunga es yang menumpuk
Masalah bunga es sering menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Hal ini terjadi karena bunga es yang menumpuk menutup lubang udara sehingga penyebaran udara dingin menjadi terganggu.

Jika kulkas bagian freezer Mama terdapat bunga es maka segeralah bersihkan kulkas tersebut. Caranya, cabut kabel kulkas dari stop kontak dan biarkan bunga es meleleh. Cara ini efektif untuk menghilangkan bunga es. Tetapi jangan lupa untuk membersihkan bagian kulkas lainnya untuk menjaga kebersihan kulkas.

Cara mengatasinya

Memeriksa tenganan listrik
Kondisi tegangan listrik perlu untuk diperhatikan. Karena tengangan listrik yang kurang stabil dapat menimbulkan gangguan pada peralatan-peralatan elektronik anda.

Hal tersebut dalam menurunkan performa dari peralatan elektronik tersebut. Kondisi listrik yang tidak stabil biasanya akan diketahui dari nyala redupnya lampu pada kulkas.

Jika tengangan listrik tidak baik, sebaiknya anda segera menghubungi petugas PLN untuk memperbaikinya.

Karena dingin dan tidaknya kulkas bisa juga pengaruh dari tengan listrik yang tidak stabil.

Saran kami, anda perlu lebih memperhatikan kondisi listrik pula, sehingga ke depannya tidak merugikan anda.

Membersihkan bagian kumparan kondesor
Kumparan kondesor merupakan bagian kulkas yang memiliki fungsi alat pembuang panas yang ditimbulkan dari kulkas.

Ketika anda mengalami masalah seperti halnya kulkas tidak mau dingin, tentu anda bisa memeriksa kondisi kumparan kondensornya.

Jika ternyata bagian tersebut kotor dan tertutup oleh debu, saatnya anda membersihkannya dengan alat penyedot debu atau menggunakan sikat supaya yang menempel dapat dengan mudah untuk hilang.

Anda sebaiknya membersihkan bagian kumparan kondensor setidaknya kurang lebih dua tahun sekali.

Sedangkan pada bagian kumparan kondensor yang terletak pada bagian belakang kulkas dengan jangka waktu kurang lebih satu tahun sekali, supaya kulkas yang anda miliki senantiasa bekerja dengan baik dalam jangka waktu yang cukup lama.

Periksa bagian komponen kulkas yang menyala terus
Komponen yang terletak pada kulkas terutama yang senantiasa dalam kondisi menyala menerus perlu dilakukan pengecekan dan pemeriksaan secara rutin menyeluruh dan berkala supaya kinerjanya bisa bekerja dengan baik.

Untuk melakukan pengecekan ini, komponen-komponen diperlukan suatu aat yang bernama mutimeter.

Komponer yang wajib dilakukan pemeriksaan seperti misalnya, kipas kondensor, alat pelindung berlebih bebannya, kompresos dan juga alat motor penghantar.

Jika salah satu dari komponen yang disebutkan tersebut mengalami gangguan, tentunya akan sangat mempengaruhi performa pada kulkas tanpa terkecuali bagian pendingin.

Jika anda sudah melakukan pengecekan tidak ditemukan masalah pada komponen tersebut, sebaiknya kami sarankan anda memanggil service centre.

Cek saluran listrik
Beberapa masyarakat pda umumnya tidak menyadari ketika colokan yang digunakan tidak berfungsi dengan baik.

Ketika kulkas anda tidak dingin, bisa jadi ada masalah pada bagian colokan listrik, sebaiknya anda mengeceknya terlebih dahulu.

Jika anda sudah menggunakan colokan lain dan pendingin berfungsi kembali, berarti colokan sebelumnya mengalami masalah. Sebaiknya anda segera memperbaikinya supaya kulkas anda tidak mengalami masalah untuk kedepannya.